Monday, March 19, 2018

Meningkatkan Customer Relationship Management (CRM) Menggunakan Data Mining

Customer Relationship Management (CRM) mengacu pada metodologi dan alat yang membantu bisnis atau usaha untuk mengelola hubungan pelanggan secara terorganisir. Semakin efektif anda menggunakan informasi mengenai pelanggan anda, semakin menguntungkan nantinya. Model CRM terdiri dari 7 komponen dasar. 
Akan tetapi operasional CRM membutuhkan analitik CRM dengan model data mining yang prediktif.  Data Mining adalah proses yang menggunakan berbagai teknik analisis data dan pemodelan untuk menemukan pola dan hubungan dalam data yang dapat digunakan untuk membuat prediksi yang akurat.
Berikut adalah langkah-langkah dasar data
 mining untuk CRM yang efektif:  
  1. Menentukan masalah bisnis
  2. Membangun database pemasaran
  3. Mengeksplor data
  4. Mempersiapkan data untuk modeling
  5. Evaluasi hasil
  6. Menerapkan model dan hasil  


No comments:

Post a Comment

Tinjauan Studi Mengenai Kualitas Layanan, Manajemen Pengetahuan dan Loyalitas Pelanggan di Industri Asuransi

Memberikan kualitas layanan merupakan tantangan utama bagi perusahaan yang aktif di bidang layanan . perusahaan harus memperhatikan peningk...